Langsung ke konten utama

Persebaran Fauna di Dunia

Bumi memiliki karakteristik yang berbeda- beda sehingga jenius tumbuhan dan hewan yang ada di muka bumi juga berbeda- beda. Karakteristik lahan yang berpengaruh terhadap persebaran flora dan fauna di muka bumi beragam. Pada artikel ini akan dikaji tentang persebaran fauna di dunia yaitu sebagai berikut :


1. Region Neartik
Adalah kawasan atau region yang terletak di belahan bumi utara, negara yang tergabung dalam region tersebut adalah Kanada, Greenland dan Amerika Bagian Utara. Hewan yang terdapat pada kawasan tersebut memiliki nama yang tidak begitu kita dengar di Indonesia dan bahkan kita jarang sekali menemukannya di Indonesia, misalnya Salamander, Byson, Karibau (rusa kutub), muskox dan mockingnbird.

2. Region Neotropik
Merupakan region fauna yang terlampat di ekiator hingga bumi bagian selatan, iklim pada kawasan tesebut meliputi iklim tropis dan sub tropis. Region ini meliputi sebagian besar Meksiko, Brazil, Argentina dan batak lagi negara yang berada di amerika selatan. 
Beberapa jenis fauna khas yang hidup di wilayah Neotropik antara lain kukang, 
armadillo, alpaka, kelelawar pengisap darah, tapir, belut listrik, anaconda, piranha dan Rio.

3. Region Australia
Adalah region yang terletak di benua Australia yang meliputi wilayah Australia, selandia baru, Papua New Guinea dan Papua Indonesia.  Hewan yang ada pada region tersebut adalah mamalia berkantung dan jenis burung yang besar dan berwarna indah. Contoh hewan yang berada pada region ini adalah Cendrawasih, Raja Udang, Kangguru dan Wallaby.

4. Region Oriental
Region ini meliputi negara-negara di Asia dan sebagian pulau yang berada di Indonesia, yaitu Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan sebagian Maluku. beberapa hewan yang ada di region ini adalah hewan khas yang ada di Indonesia bagian barat, misalnya Harimau, Gajah, Orangutan, Komodo, Badak bercula satu. 

5. Region Paleartik
Region ini terletak di belahan bumi utara yang mana meliputi Russia, hingga China Utara sehingga iklim pada kawasan tersebut beragam. hewan yang ada pada region ini juga berbeda mulai dari hewan yang ada pada kawasan dingin hingga pada kawasan yang beriklim sub tropis, contoh hewan yang ada pada region ini adalah Beruang Kutub, Tikus kutub dan panda.

6. Region Ethiophia
Region in merupakan kawasan yang berada di Afrika yang banyak khalayak tahu bahwa di Afrika mayoritas beriklim kering, sehingga dapat diindikasikan bahwa pada kawasan tersebut terdapat sabana, gurun dan padang rumput. hal ini sering terbayang apabila kita melihat tayangan nasioan geografi yang menampilkan harimau dan singa biasanya berada di Afrika. sehingga pada region ini hewan - hewan yang ada meliputi harimau, singa, cheetah, zebra, unta, kadal dll.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

EXAMINATION FOR 1ST TOPIC

Selamat datang di Geografi Blog Silahkan ingat kembali tentang materi bab 1 yaitu tentang aspek prinsip konsep dan pendekatan geografi dan bisa dilihat di link berikut ini : ASPEK GEOGRAFI  PENDEKATAN GEOGRAFI KONSEP GEOGRAFI SUDAH SIAP ULANGAN ? SILAHKAN KERJAKAN FORMULIR DIBAWAH INI : Memuat…

TUGAS PETA FASE E

LANGKAH-LANGKAH PENGERJAAN TUGAS : 1. Buatlah kelompok yang terdiri dari teman satu meja 2. Carilah jenis peta dengan judul apapun, lalu download lah file gambar peta tersebut 3. Analisislah komponen peta apa saja yang ada di dalam peta yang kamu dapatkan 4. Upload lah peta yang kamu dapatkan dan persiapkanlah jawaban atas pertanyaan yang ada di formulir berikut ini :  https://forms.gle/jX8YCtiAiJPRTHD36