A. SOAL PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK
1. Pernyataan berikut yang menjelaskan
makna Kognitif ialah…
A. Kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan memecahkan
masalah
C. Kemampuan berinteraksi
D. Kemampuan untuk mengintegrasikan
diri
2. Perkembangan kognitif merupakan
salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor
utama yang mempengaruhi perkembangan kognitif adalah……
A. Inspirasi
B. Budaya
C. Inspirasi
D. Pengasuhan dan lingkungan
3. Kemampuan berfikir untuk
mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek yang
konkrit merupakan ciri kemampuan anak berusia…..
A. 0-2 tahun
B. 2-7 tahun
C. 7-11/12 tahun
D. 12-14 tahun
4. Menggunakan potongan sapu lidi,
kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS
sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang
dikenal sebagai tahapan …
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih
terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya
(sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan
obyek yang bersifat konkrit (operasional formal).
B. SOAL
KOMPETENSI PEDAGOGIK PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PESERTA DIDIK
5. Kemampuan peserta didik untuk
membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. Moral
Kumpulan Soal PPG – Didownload dari Web Guru Terbesar di Indonesia –
www.guru.or.id
6. Seorang peserta mampu mengendalikan
diri dengan baik dalam berbagai situasi dan mampu mampu menjalin kerjasama yang
baik dengan teman-temannya, dan mampu memposisikan diri di lingkungan dengan
baik. Peserta didik tersebut memiliki kecerdasan…
A. Moral
B. spiritual
C. Sosial
emosional
D. Kognitif
7. Seorang peserta didik selalu ingin
mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota
lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan
mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar
sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan …..
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spritual
C. SOAL
PERKEMBANGAN MORAL PESERTA DIDIK
8. Peserta didik telah memiliki yang
memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada
standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki
pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan suatu kode moral pribadi. Hal
ini merupakan contoh perilaku moral-spritual pada tahapan ...
a. penalaran
pascakonvensional
b. penalaran konvensional
c. penalaran prakonvensional
d. penalaran interkonvensional
9. Individu memandang apa yang
diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung
aturan social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang
berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral …..
a. Prakonvensional
b. Konvensional
c. Pascakonvensional
d. Interkonvensional
D. SOAL
KESULITAN BELAJAR SISWA
10. Memaksimalkan kegiatan
ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan
informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan
hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan
11. Tindakan yang paling tepat dilakukan
pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan
adalah:
A. Mengulang kembali bahan yang
diajarkan
B. Memberikan tugas agar siswa
mempelajari bahan yang belum dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk
dipelajari siswa
D. Membantu
setiap siswa yang mengalami kesulitan
12. Seorang peserta didik mampu
mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat ditanya ia
tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/
gangguan belajar dalam hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan
simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial
13. Perbedaan antara konseling dan
wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa agar dapat
memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu siswa agar dapat
melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu
siswa agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu siswa agar memperoleh
informasi tertentu
14. Cara yang yang paling cepat dan
akurat yang digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik
yang bersumber dari faktor sosial adalah …
A. sosiometri
B. angket
C. wawancara
D. brainstorming
15. Bila anda sebagai guru menemukan
peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pelajaran yang diberikan,
tindakan apa yang akan dilakukan ?
A. Memindahkan tempat duduk
peserta didik ke meja yang paling depan
B. Mengulangi penjelasan bahan
ajar kepada seluruh peserta didik
C. Memberikan
bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
D. Menugaskan seluruh peserta
didik membaca buku sumber
16. Peserta didik banyak meluangkan
waktu untuk bermain dengan teman-temannya. Dia rela menghabiskan waktunya untuk
teman daripada belajar. Ketika hasil tes dibagikan, peserta didik mendapat
nilai yang kurang memuaskan. berusaha menyadarkan siswa. hal tersebut merupakan
penyadaran kesulitan belajar yang bersumber dari faktor ...
A. keluarga
B. sosial
C. kondisi fisik
D. intelektual
E.
SOAL TEORI BELAJAR
17. Teori ini memandang belajar sebagai
hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan
balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan
(bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah
hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
18. Di dalam proses pembelajaran, para
siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data,
membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan
menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk
umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan
teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
19. Menurut teori ini, peranan guru
dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan memberikan
kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini berusaha
memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang
pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
20. Pada masa kini siswa dituntut untuk
dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena
kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh dalam jaringan atau
online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
21. Pendapat yang menyatakan bahwa
pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama
yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
E.
SOAL PERENCANAAN DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
22. Tujuan pembelajaran yang
menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta
didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
23. Komponen rancangan pelaksanaan
pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar,
indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber
belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti,
kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media
pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti,
kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber
belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti,
kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media
pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
24. Silabus dan RPP sama-sama sebagai
rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp
mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar
isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi
lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru,
sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya
disusun oleh setiap satan pendidikan.
25. Salah satu prinsip dalam penyusunan
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau bahan ajar
berbasis kompetensi
B. Pembelajaran
dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan
jadwal pada setiap satuan pendidikan
26. Renacana pelaksanaan pembelajaran
(RPP) disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan
atau lebih. Dijabarkan dari....
A. Silabus untuk pembuatan
indicator dan tujuan pembelajaran dalam upaya mencapai KD
B. Silabus untuk pembuatan
tujuan pembelajaran dan materi dalam upaya mencapai KD
C. Silabus untuk pembuatan indikator
dan penilaian dalam upaya mencapai KD
D. Silabus
untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD
27. Perhatikan beberapa komponen dari
RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......
1) Kompetensi dasar :Mengenal
kegiatan bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua
ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : setelah
pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan
musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan balik dan
tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi aktif
peserta didik
C. Memperhatikan perbedaan
individu peserta didik
D. Keterkaitan
dan keterpaduan
28. Dalam mengunakan media dan alat
bantu mengajar, guru sebaiknya memperhatikan beberapa faktor di bawah ini,
kecuali satu yakni;
A. Metode mengajar yang digunakan
guru
B. Karakteristik bahan ajar
C. Waktu
yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran
D. Buku sumber yang digunakan
dalam pembelajaran
29. Jika seorang guru melakukan
aktifitas pembelajaran sebagai berikut:
1) Membekali murid tidak hanya dengan fakta-fakta, melainkan diarahkan
pada kemampuan penguasaan dalam proses berfikir dan berkomunikasi,
2) Berperan sebagai fasilitator dan pembimbing belajar peserta didik.
3) Melakukan penilaian yang mencakup cara-cara penyelesaian masalah
dengan berpatokan pada aturan yang berlaku, seperti peta konsep, diagram ven,
portopolio, uji kompetensi, dan ujian komprehensif.
Maka guru tersebut dapat dikatakan menggunakan pembelajaran yang
berbasis....
A. Kognitivisme
B. Behaviorisme
C. Konstructivisme
D. Humanisme
30. Menurut Piaget, periode perkembangan
operasi kongkrit pada siswa usia peserta didik antara 7 – 12 tahun. Dengan
demikian proses pembelajaran dikelas harus lebih menekankan…
A. Penggunaan
media, alat peraga termasuk sumber belajar.
B. Pemberian tugas yang
tersetruktur.
C. Penggunaan metode bervariasi
D. Menekankan berfikir ktiris dan
pemecahan masalah.
31. Benjamin S. Bloom mengembangkan
ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
Kumpulan Soal PPG
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis,
síntesis, dan evaluasi
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
32. Taksonomi Anderson dan Krathwol
menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan
urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis,
aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi,
analisis, síntesis
C. ingatan, pemahaman, síntesis,
aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan,
pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.
33. Model pembelajaran yang mempunyai
keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang
dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa
untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem
Solving
D. Picture and Picture
34. Faktor yang penting dipertimbangkan
guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia untuk
melaksanakan diskusi
B. Rumusan
masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang
mengikti pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
35. Kemampuan yang paling penting
dimiliki guru tentang media dan alat bantu pembelajaran adalah:
A. Memilih bahan untuk membuat
media/alat bantu
B. Membuat
media dan alat bantu sederhana
C. Menggunakan media dan alat
bantu
D. Merawat media dan alat bantu
36. Fungsi indikator dijadikan sebagai
penanda dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian
standar kelulusan
37. Tindakan yang paling tepat dilakukan
pada saat siswa mengalami kesulitan memahami pelajaran yang sedang diajarkan
adalah:
A. Mengulang kembali bahan yang
diajarkan
B. Memberikan tugas agar siswa
mempelajari bahan yang belum dipahami
C. Memberikan buku sumber untuk
dipelajari siswa
D. Membantu
setiap siswa yang mengalami kesulitan
38. Bila anda sebagai guru menemukan
peserta didik mengalami kesulitan memahami materipelajaran yang diberikan,
tindakan apa yang akan dilakukan ?
A. Memindahkantempat duduk
peserta didik ke meja yang paling depan
B. Mengulangi penjelasan bahan
ajar kepada seluruh peserta didik
C. Memberikan
bantuan belajar kepada peserta didik yang bersangkutan
D. Menugaskan seluruh peserta
didik membaca buku sumber
39. Apa yang paling tepat dilakukan
guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang
diajukan ?
A. Menunjuk
peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. Memberikan kritik agar
peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan isi
pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan
tersebut.
40. Prinsip sistematis sebagai salah
satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman, tingkat
kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat
perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
B. Adanya hubungan yang
konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi
pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan
indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan
sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen silabus
saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
41. Ciri-ciri kelas yang menggunakan
pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan
satu sumber
42. Dalam memilih dan mengembangkan
materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran
yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan
kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi
pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D. Menarik minat
43. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran
dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju
hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang
disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
SOAL
MEDIA DAN TIK DALAM PEMBELAJARAN
44. Memilih media pembelajaran hendaknya
tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu.
Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam
kriteria...
A. tujuan
B. sasaran didik
C. ketersediaan
D. konteks
penggunaan
45. Pada saat mempersiapkan pembelajaran
seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang
akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki
seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
A. Pendidik harus mengetahui
latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. Pendidik
harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik harus menyesuaikan
diri dengan kemampuan sekolah.
D. Pendidik menyesuaikan dengan
materi pembelajaran.
46. Pada saat mempersiapkan pembelajaran
seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan
materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..
A. media
yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput
terbatas
B. media yang dpat didengar saja
dan media yang dapat dilihat
C. media tradisional dan media
berbasis TIK
D. media dua dimensi dan media
tiga dimensi
47. Di ruang media tersedia berbagai
macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang
kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan
digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan
adalah...
A. Tujuan,
sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya,
ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran didik, karakteristik
media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
C. Tujuan, sasaran didik,
karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur sekolah, tujuan, waktu
pengoperasiaan dan karakteristik media
48. Seorang guru harus mampu memanfaatkan
media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh.
Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:
A. media pembelajaran yang paling
baik adalah media yang berbasis TIK
B. sebuah media dapat digunakan
untuk semua kegiatan pembelajaran
C. media
dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran
D. memilih media tidak perlu
banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
49. Setiap materi pembelajaran memiliki
tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami
materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media
pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem
peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:
A. Menampilkan objek yang
terlalu besar
B. Membuat
konkrIt konsep yang abstrak
C. Menampilkan objek yang tidak
dapat diamati dengan mata telanjang.
D. Membawa objek yang berbahaya
atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
50. Media memiliki fungsi dan manfaat
bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran
menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu
konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai
kondisi tersebut:
A. Menampilkan
objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.
B. Membawa objek yang berbahaya
atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat konkret konsep yang
abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan objek yang tidak
dapat diamati dengan mata telanjang
Komentar
Posting Komentar